Pancake Strawberry

image

Resep ini saya dapat dari blog mba Sisil disini: http://smartnwise.wordpress.com/2011/07/25/pancake-gulung-coklat/

Bahan:

100gr Tepung Terigu
250ml Susu cair (saya pakai UHT merek Ultra)
1 butir Telur Ayam
1 sdm Gula Pasir (jika diinginkan)
Seujung jari garam

Cara membuat:

1. Pisahkan putih dan kuning telur, kocok putih telur hingga kaku (saya kocok dgn whisk saja soalnya belum punya mixer)

2. Campur kuning telur,susu,tepung, gula, garam dan aduk hingga rata.

3. Tuangkan campuran tepung ke putih telur, aduk perlahan hingga rata.

4. Panaskan wajan dadar..saya pakai yg diameter 12 cm.

5. Tuang  1 sendok sayur kecil adonan, goyang wajan dadar supaya adonan rata, kecilkan api kompor.

6. Tunggu hingga adonan berpori kemudian balik hingga matang.

7. Sajikan dengan berbagai macam topping sesuai selera misalnya : es krim, yoghurt, selai, keju, dll.

Kalau saya adanya selai stroberi, bikinan sendiri juga.

Posted from WordPress for Android

Tugas Baru di POMG TK St Yohanes Rasul

Sesuai undangan yang telah dibagikan bahwa hari ini akan diadakan rapat guru dengan orangtua murid guna membentuk kepengurusan POMG yang baru.
Nama calon pengurus telah dipilih oleh guru-guru..dann..ouch..nama saya ada di dalamnya. Setelah dilakukan pemungutan suara..akhirnya jabatan sebagai Sekretaris POMG jatuh kepada saya. Bagi saya pribadi ini bukanlah hal yang diharapkan, karena saya berharap tidak memegang jabatan apapun, tetapi lagi-lagi saya harus bersyukur karena kepercayaan yang diberikan kepada saya, semoga nanti dalam melaksanakan tugas dapat memberikan yang terbaik.

Kisah si Brokoli

Krn liat Nei makan brokoli temannya jd mau makan sayur juga

Siaapp grakkk…

Masih tentang cerita Neisha di sekolah,

Hari ini saya yang mengantarkan Nei ke sekolah, karena si ayah baru pulang kerja sampe rumah jam 2 dini hari dan kita baru tidur jam 3 pagi, karena ada tragedi hamster piaraan saya berantem hingga luka parah.. jadi biarlah ayah tidur dulu..walaupun jam 5.10 pagi saya bangunkan karena gas elpiji habis (benar dugaan saya karena jam 12 tengah malam saya terbangun karena mencium bau gas yang sangat menyengat, segera saya ke dapur dan terdengar bunyi “ssshhh..” cepat-cepat saya cabut regulator gas dari tabungnya, saya sama sekali tidak berani mematikan lampu, mencabut modem yang lupa saya cabut sebelum saya tertidur sambil nyusuin Neisha, gas ukuran 3 kg ini kalau mau habis pasti pake acara bocor dahulu). Upss kok jadi lain ceritanya..okee..kembali ke topik..

Seperti biasa di sekolah sebelum masuk kelas, anak-anak diminta berbaris di depan pintu kelas masing-masing, seperti biasa bu guru menawarkan siapa yang mau pimpin barisan? karena tidak ada anak yang tunjuk jari, maka bu guru menunjuk salah seorang untuk memimpin..tetapi sampai 2 anak yang ditunjuk, mereka tidak mau maju ke depan, akhirnya bu guru berkata : “nah..Neisha aja ya yang maju pimpin barisan” seraya menggandeng tangan Neisha mengajak ke depan, kemudian bu guru membantu memberi arahan kepada Neisha untuk kalimat apa yang harus diucapkan.

Mulailah Neisha mengulangi kalimat yang dibisikkan kepadanya oleh Bu Guru (oh iya nama gurunya “Bu Elsa” masih muda dan cantik),

“Siaaappp grakkk!” “Lancang depan grak!” “Tegapp grakk!”

Lagi di depan pimpin barisan

Neisha pimpin barisan nich..

sayang kualitas foto tidak bagus, soalnya menggunakan kamera di hape yg apa adanya..lupa mau pinjem hape si ayah yang kameranya jauh lebih bagus.

Abis itu anak-anak mendengarkan lagu wajib sebelum masuk kelas yaitu : “Neng Neng Neng” yang saya posting ceritanya beberapa hari lalu..Neisha mah kalau denger musik semangat banget ikut tepuk-tepuk tangan dan mulailah satu per satu anak-anak masuk ke kelas.

Saya bu…

Hari ke-4 Neisha sekolah masih si ayah yang dapat giliran mengantar. Tidak seperti hari sebelumnya yang saat mau berangkat mendadak nangis pengen saya yang antar, hari ini Nei berangkat dengan senang mengenakan baju seragam olahraganya.

Saat saya di rumah masih dengan pekerjaan menyetrika cucian 1 minggu yang ampunn banyaknya, tiba-tiba ada sms masuk dari si ayah yang isinya memberitahu kalau Nei abis nyanyi balonku di depan kelas.

SMS Ayah..

Yang membuat saya terharu adalah Nei maju ke depan kelas itu atas kemauannya sendiri. Gurunya menanyakan kepada seluruh murid : “Siapa yang mau maju ke depan untuk nyanyi?” Si ayah cerita kalau Neisha dengan yakin tunjuk tangan dan bilang : “Saya bu..” dan waktu ditanya mau nyanyi apa? Nei bilang balonku…

Bahkan Nei cerita waktu sampai pada bagian lagu “…meletus balon hijau..dorr..” bu guru minta Neisha mengulang karena teman-temannya yang ikut bilang “..dorr..” cuma sedikit, diulang supaya semua ikut nyanyi..jadinya rame.

Hari ini saya juga senang, karena waktu Nei pulang..pertama yang dia laporkan ke saya kalau bekal makan yang dibawanya habis dan makannya tanpa disuapin oleh ayah. Hari ini dia bawa bekal nasi goreng dengan lauk sosis ayam goreng dan brokoli kukus.

Bangga bunda padamu Nak…

Neng Neng Neng

3 hari ini sejak Nei sekolah, ada lagu baru yang dinyanyikan setiap berbaris sebelum masuk kelas. Seperti biasa kalau ada lagu yang Nei suka, pasti di rumah dia minta diputerin di laptop bunda. Lha..kalau lagu yang ini mana gw tau yakk..baru denger juga..ga tau judulnya.

Bukan Neisha namanya kalau sampai putus asa nurut kata-kata bunda yang bilang kalau bunda ga punya lagunya, dengan gampangnya dia bilang : “didonlot aja dulu bun!”

Tambah pusinglah saya, gimana mau donlot baru denger 3 hari ini itu lagu dan ga tau judulnya pulak!! Trus syairnya hanya inget sepotong-sepotong yang bunyinya kurang lebih begini :

“neng neng masuk ruangan perlahan ..”

dengan modal sepotong syair lagu itu mulailah tanya ama om gugle, eh sebelumnya dah sempet juga ding dengan berbagai kata/kalimat kunci tanya-tanya juga ama om gugle ini tapi ge nemu. Baru dengan kalimat diatas nemu beberapa link yang salah satu diantaranya berisi syair lengkap lagu tersebut beserta judulnya. Ini link tersebut : http://pakkasur.blogspot.com/ dan ternyata judul lagu itu : “Neng..Neng..Neng..” (maksudnya menggambarkan bunyi bel sekolah).

Ini syair lengkapnya saya copy paste dari link blogspot diatas :

Neng, neng, neng, neng, neng, neng
Dengarlah lonceng itu
Neng, neng, neng, neng, neng, neng
Itulah tanda waktu
Marilah kawan, bentuk barisan
Dimuka pintu
Masuk ruangan, perlahan-lahan
Dengan Bu Guru

tantangan selanjutnya cari MP3 atau Movie nya di dunia maya, tapi sudah ubek-ubek tetap ga nemu. Tiba-tiba inget kalau punya CD MP3 koleksi lagu anak TK, segera deh minta si ayah untuk mencarinya..nemu 1 CD setelah ditelusuri dari daftar isi yang ada di sampulnya, lagu yang dicari engga ada.

Dah mulai putus asa, tau-tau si ayah yang lagi lihat daftar isi CD yang satu lagi berucap: “Nah ini dia kayaknya..” dann..setelah di setel itu CD .. hoorayyyy bener itu lagunya..langsung deh si Nei kegirangan…joget-joget dengerin lagu itu.

Karena cari-cari onlen ga nemu lagu itu, maka saya upload saja file MP3 lagu itu ya..supaya yang baca cerita ini ga penasaran kayak apa sih lagu yang dimaksud. Klik disini aja ya..

11 Juli 2011 yang ditunggu…

Akhirnya tanggal yang ditunggu tiba, tanggal hari pertama Neisha masuk sekolah di TK St Yohanes Rasul, Perumnas Klender, Jakarta Timur. TK ini kami (saya dan ayahnya) pilih dengan pertimbangan jarak yang relatif gampang ditempuh dan biaya yang terjangkau oleh kami.

Walau lokasi yang tidak terlalu jauh (baca: 1x naik angkot Mikrolet M29), tetap kami harus berangkat pagi-pagi karena arah yang dituju termasuk jalur macet, dan ya hari ini kami keluar rumah tepat jam 6 pagi, jalan kaki menuju jalan raya sempet foto-foto dulu…

Pose bentar di depan rumah

Neisha "My Angel"

Gadis kecilku masuk TK

pas sampe jalan raya..wakkss..sudah macet parah..bayangkan kami naik angkot dari depan jalan H.Gemon butuh waktu 15 menit angkot sampai di depan jalan warung banci, padahal itu jarak yang sangat dekat tidak sampe 100 meter.

Sampai di sekolah kami langsung menuju kelas B1 yang sementara dijadikan ruang untuk menyambut kedatangan para siswa TK baik siswa lama (TK A yang naik ke TK B) maupun siswa baru TK A dan TK B. Untuk 3 hari pertama ini, baik siswa kelas A dan B masih digabung dulu serta jam belajar yang masih singkat hanya sampai jam 8.3o, baru mulai minggu depan 18 Juli 2011 jam belajar di sekolah hingga jam 9.30.

Tepat jam 7 mulai membunyikan kericikkan sebagai pengganti bel sekolah, anak-anak baris didepan kelas..

Berbaris di depan kelas

Hari pertama ini masih diisi dengan nyanyi-nyanyi, yang buat saya lega karena Nei sama sekali tidak masalah saya tinggal keluar kelas..dia tidak menangis atau tampak takut. Liat aja pada foto diatas waktu baris..dia serius memperhatikan arahan dari Bu Guru Yanti (Kepala Sekolah).

Pada waktu jam istirahat Nei mencoba beberapa mainan yang ada,

Di mainan jembatan penyeberangan bersama Gracia

Main di papan jungkat jungkit

kemudian dia sangat antusias waktu saya tunjukkan bahwa saya baru saja menerima baju seragamnya, Nei maksa mau pakai baju seragam saat itu juga..jadilah saya rangkap rok terusan coklatnya dengan seragam sekolah untuk hari senin yaitu Baju Terusan Kotak-kotak biru, Kemeja Putih lengan panjang, Dasi dan Topi..cantikkk banget malaikat kecilku mengenakan baju seragamnya itu.

Baju seragam untuk hari Senin

Neisha lagi nyetir

Kesan di hari pertama sekolah ini Nei enjoy menjalankannya..semoga tetap begitu..karena sejak 11 Juli 2011 inilah rutinitas sekolah akan terus dilakukan hingga 17 tahun ke depan, semangat ya.. Nak..ayah dan bunda bersamamu selalu anakku…

Nasi Tim Ayam Jamur

Makan siang kali ini pengen praktekkin resep teman semasa saya SMA dulu, namanya Tia. Tapi dengan sedikit beda karena di warung tidak menemukan bahan yang dimaksud, dan sedikit perbedaan untuk finishing karena nasi yang digunakan masaknya kurang lembek. Selamat mencoba…

Bahan :

  • 1/2 kg ayam, rebus. Potong kecil-kecil.
  • 600 ml kaldu sisa rebusan ayam
  • 2 bungkus jamur (bs pake tiram ato kancing), cincang ==> saya pakai jamur tiram sebungkusnya Rp.3000,-
  • 8 siung bawang putih, 4 untuk menumis ayam, 4 untuk nasi, semua dicincang halus.
  • 2 cm jahe, cincang.
  • Kecap asin
  • Kecap manis
  • Saus Teriyaki
  • Minyak wijen (pas bikin yg difoto ini ga pakai)
  • Merica
  • Nasi putih 4 mangkok kecil

Cara Membuat :

  • Tumis bawang putih, jahe sampai wangi
  • Masukkan ayam, jamur, 3 sdm kcp asin, 3 sdm kcp manis (kalo suka manis bs ditmbh), saus tiram, merica, minyak wijen. aduk, tambahkan 1 gelas kaldu, masak sampai kaldu terserap habis. Sisihkan.
  • Nasi: Tumis bawang putih, masukkan 3 sdm kcp asin, gula sckpnya, tambahkan sisa kaldu, aduk rata, masukkan nasi, masak sampai tercampur & kaldu terserap. Ambil mangkok kecil, taro ayam didasar, tumpuk dg nasi bumbu, padatkan.
  • Tambahkan kaldu kurang lebih 4 sdm, kukus hingga matang.
  • Angkat dan balikkan di piring.

Shepherd’s Pie

Malam menyambut pergantian tahun 2010 ke 2011..mulai muter otak,bikin apa ya buat makan-makan bareng suami dan anak. Mau yg bakar-bakar kayak ayam,jagung..males bikinnya. Jadilah bongkar koleksi resep..akhirnya tergoda nyoba resep ini yang diambil dari Primarasa 25 bagian Hidangan Utama: Sayuran dan Salad 26. Saya tulisin resepnya ya, yang menurut cerita singkat di resep ini merupakan resep pai para gembala (makanya dinamakan Shepherd’s Pie). Dulunya terdiri dari daging berbumbu dicampur kentang rebus, lalu dipanggang.

Bahan :

  • 1 kg kentang
  • 50 ml susu cair
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk

Isi :

  • 1 butir (75 g) bawang bombai
  • 100 gr buncis
  • 200 gr wortel
  • 50 gr kacang polong beku (ini tambahan dr saya untuk memperkaya variasi sayuran)
  • 200 gr jamur kalengan (saya pakai jamur Champion segar)
  • margarin untuk olesan
  • 2 sdm mentega/margarin
  • 250 gr daging sapi cincang
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt gula pasir
  • 100 ml kaldu
  • 6 sdm saus tomat kalengan (bisa diganti 4 buah tomat segar, rebus, blender halus)
  • 3 sdm margarin leleh, untul olesan
  • 1 butir telur, kocok asal campur, untuk olesan
  • 50 gr keju parut untuk taburan (ini tambahan dari saya)

Cara Membuat :

  1. Rebus kentang, kupas, lumatkan. Campur dengan susu, garam, dan merica, aduk hingga rata.
  2. Isi : Cincang bawang bombai. Iris buncis dan wortel ukuran 3 cm, lalu rebus terpisah hingga setengah masak.Kacang Polong juga direbus setengah masak. Angkat. Tiriskan. Iris jamur tipis-tipis.
  3. Panaskan oven pada suhu 180°C. (Karena saya ga punya oven, jadi menggunakan cara lain, akan dibahas di bawah). Olesi loyang kaca tahan panas dengan margarin. Panaskan 2 sdm margarin, tumis bawang bombay hingga layu, masukkan daging cincang, garam, merica dan gula, tuangi kaldu. Aduk hingga daging berubah warna. Masukkan buncis, wortel, jamur, kacang polong dan saus tomat. Aduk sebentar, angkat.
  4. Tuang ke dalam pinggan, lalu taruh kentang halus diatasnya. Ratakan.
  5. Olesi permukaannya dengan margarin leleh dan telur, taburi atasnya dengan kejur parut, lalu panggang dalam oven selama 40 menit hingga matang. Hidangkan panas.

Alternatif jika tidak punya oven :

Letakkan loyang tipis diatas tungku kompor, masukkan loyang kaca tahan panas ke dalamg panci, wajan bertutup yang lebih besar dari ukuran loyang Pie, tutup dan panggang dengan api sedang. (lihat gambar di bawah)

Tongkol Suwir Balado

Sudah lama ga masak, tiba-tiba pengen makan ikan tongkol yg pedas. Supaya saat makan ga repot  pisah-pisahin tulangnya jadi ikan sudah disuwir-suwir. Ini nich resepnya :

Bahan :

  • 1 Kg Ikan Tongkol Basah/Segar
  • 10 cm Lengkuas, cincang halus
  • 10 butir Bawang Merah, cincang halus
  • 10 siung Bawang Putih, cincang halus
  • 15 buah Cabe Merah Keriting, cincang halus
  • 5 buah Cabe Rawit Merah, cincang halus
  • 4 ikat Kemangi
  • 2 buah Tomat Merah, cincang halus
  • 2 buah Jeruk Nipis, ambil airnya
  • Garam secukupnya (jika suka)

Cara Membuat :

  • Cuci bersih tongkol, potong sesuai selera, lumuri air jeruk nipis dan garam
  • Kukus Tongkol hingga matang, kemudian suwir-suwir dagingnya
  • Tumis bawang merah hingga harum
  • Masukkan bawang putih tumis hingga harum
  • Selanjutnya masukkan cincangan cabe merah dan rawit aduk hingga bawang berubah warna kekuningan.
  • Tambahkan cincangan lengkuas, aduk kembali hingga tercium aroma lengkuas.
  • Masukkan tomat, tunggu hingga mendidih.
  • Tambahkan garam jika perlu.
  • Masukkan tongkol suwir, aduk hingga bumbu rata dan meresap kering.
  • Terakhir, masukkan daun kemangi dan campur hingga kemangi layu.

Tips :

Karena ikan yang dipakai dalam resep ini cukup banyak, maka supaya daun kemangi tidak semakin hitam saat ikan akan dipanaskan, ambil secukupnya ikan yang akan segera disantap, baru campurkan kemangi ke dalamnya. Sisa ikan lainnya sisihkan untuk santap berikutnya.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.